Kamis, 02 Mei 2013

9 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh Setiap orang tentu memiliki kebutuhan cairan yang berbeda, namun pada umumnya, tubuh membutuhkan cairan sekitar 7 sampai 8 gelas perhari. Jumlah ini bisa berubah-ubah tergantung dari aktifitas orang tersebut. Kekurangan cairan dapat melemahkan metabolisme tubuh kita yang pada akhirnya akan berdampak langsung pada menurunnya kekebalan tubuh. 2. Minum jus jeruk lemon Jeruk lemon mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan infeksi yang diakibatkan oleh virus ataupun kuman. Biasakan untuk memasukkan jeruk lemon baikke makanan atau minuman anda agar kebutuhan tubuh terhadap vitamin dan nutrisiyang ada di dalamnya selalu terpenuhi. 3. Sediakan buah dan sayuran di rumah Hal ini untuk memudahkan kita dalam melakukan pola makan yang sehat. Jika sayuran dan buah tidak tersedia di rumah maka kita atau anggota keluarga kita lainnya akan mudah tergoda dengan makanan cepat saji di luar. Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memastikan kekebalan tubuh kita tetap baik dan bekerja secara normal. 4. Biasakan untuk menghirup udara bebas Luangkan waktu anda untuk keluar rumah guna menghirup udara bebas. Udara di luar ruangan penuh dengan oksigen yang baik untuk tubuh dan pikiran kita. Anda dapat melakukannya sambil jalan santai dengan pasangan atau keluarga, atau bisa juga sambil berolahraga. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa anda berada di lingkungan yang bebas polusi. 5. Tidur cukup Manusia dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 sampai 8 jam sehari untuk menjaga kondisi tubuh dan kestabilan hormonnya. Terkait dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur, para ahli berbeda pendapat. Pendapat yang paling umum adalah 7 sampai 8 jam perhari, namun golongan yanglainnya meyakini bahwa jika setelah bangun tidur tubuh sudah kembali bugar maka itu artinya kita telah memenuhi kebutuhan tidur harian kita. 6. Konsumsi protein Selain vitamin dan nutrisi, tubuh kita membutuhkan asupan protein yang cukup untuk menjaga agar otot tetap kuat dan mempercepat perbaikan sel yang rusak. 7. Kurangi kopi Kopi memiliki segudang manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Namun dibalik itu semua kopi juga bisa menimbulkan beberapa efek samping. 8. Hindari stress Usahakan untuk tidak memikirkan semua hal dalam satu waktu dan bukan pada tempatnya, hindari tekanan dan stress berlebih agar tubuh tidak memproduksi hormon kortisol yang dapat melemahkan kekebalan tubuh kita. 9. Olahraga secara teratur Cara terkahir yang dapat kita lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga yang teratur terbukti ampuh dalam meringankan gejala stress dan depresi.

0 komentar:

Posting Komentar

Welcome

The Gen DoeD in Here Anything You Can Find

Arsip Blog

Kategori

Ruang Komunikasi

luthfieaziz11ipa3.2012@gmail.com
semoga bermanfaat! Salam Damai!

Kamis, 02 Mei 2013

9 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh Setiap orang tentu memiliki kebutuhan cairan yang berbeda, namun pada umumnya, tubuh membutuhkan cairan sekitar 7 sampai 8 gelas perhari. Jumlah ini bisa berubah-ubah tergantung dari aktifitas orang tersebut. Kekurangan cairan dapat melemahkan metabolisme tubuh kita yang pada akhirnya akan berdampak langsung pada menurunnya kekebalan tubuh. 2. Minum jus jeruk lemon Jeruk lemon mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan infeksi yang diakibatkan oleh virus ataupun kuman. Biasakan untuk memasukkan jeruk lemon baikke makanan atau minuman anda agar kebutuhan tubuh terhadap vitamin dan nutrisiyang ada di dalamnya selalu terpenuhi. 3. Sediakan buah dan sayuran di rumah Hal ini untuk memudahkan kita dalam melakukan pola makan yang sehat. Jika sayuran dan buah tidak tersedia di rumah maka kita atau anggota keluarga kita lainnya akan mudah tergoda dengan makanan cepat saji di luar. Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memastikan kekebalan tubuh kita tetap baik dan bekerja secara normal. 4. Biasakan untuk menghirup udara bebas Luangkan waktu anda untuk keluar rumah guna menghirup udara bebas. Udara di luar ruangan penuh dengan oksigen yang baik untuk tubuh dan pikiran kita. Anda dapat melakukannya sambil jalan santai dengan pasangan atau keluarga, atau bisa juga sambil berolahraga. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa anda berada di lingkungan yang bebas polusi. 5. Tidur cukup Manusia dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 sampai 8 jam sehari untuk menjaga kondisi tubuh dan kestabilan hormonnya. Terkait dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur, para ahli berbeda pendapat. Pendapat yang paling umum adalah 7 sampai 8 jam perhari, namun golongan yanglainnya meyakini bahwa jika setelah bangun tidur tubuh sudah kembali bugar maka itu artinya kita telah memenuhi kebutuhan tidur harian kita. 6. Konsumsi protein Selain vitamin dan nutrisi, tubuh kita membutuhkan asupan protein yang cukup untuk menjaga agar otot tetap kuat dan mempercepat perbaikan sel yang rusak. 7. Kurangi kopi Kopi memiliki segudang manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Namun dibalik itu semua kopi juga bisa menimbulkan beberapa efek samping. 8. Hindari stress Usahakan untuk tidak memikirkan semua hal dalam satu waktu dan bukan pada tempatnya, hindari tekanan dan stress berlebih agar tubuh tidak memproduksi hormon kortisol yang dapat melemahkan kekebalan tubuh kita. 9. Olahraga secara teratur Cara terkahir yang dapat kita lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga yang teratur terbukti ampuh dalam meringankan gejala stress dan depresi.

 
Template Indonesia | The Gen DoeD
Damn! I Love Indonesia